MKI Adakan MoU dengan STT Harapan Medan

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumatera Utara mengadakan MoU dengan Sekolah Tinggi Teknik Harapan (STT-Harapan) Medan untuk menjalin kerjasama di bidang Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sabtu (10/9) bertempat di ruang rapat pimpinan STT Harapan Medan di Jalan HM Joni No 70 Medan, MKI juga menggelar diskusi ilmiah Ke IV MKI dengan narasumber dari pihak PLN yaitu Bapak Ir. Jadima Purba selaku Manager Wilayah Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) dengan tema “PLN dan Kontribusi Bagi Pembangunan”.

Diskusi ilmiah tersebut langsung dibuka oleh Ketua STT Harapan Medan Bapak Ir. M. Zulfin, MT  yang dihadiri juga Ketua MKI Sumatera Utara (Sumut) yaitu Bapak Parlindungan Purba yang juga menjabat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI didampingi seluruh anggota MKI Sumut serta seluruh dosen Teknik Elekktro se Kota Medan.

Tahun 2016 PLN Sumbagut akan membangun transmisi dan gardu induk berkapasitas 70 KV di Pulau Nias  dan sudah dilakukan peletakan batu pertama oleh Presiden RI  Bapak Joko Widodo beberapa hari yang lalu. PLN dalam perencanaan tahun 2017 akan  membangun gardu induk untuk pulau terluar dan dipilih Lasondre dengan kapasitas 2×100 KW, Tanah Masa dengan kapasitas 2×200 KW dan Tanah Bala dengan kapasitas 3×200 KW.

“Tahun 2016 ini PLN akan menyelesaikan proyek pembangunan gardu induk yang berada di Pulau Nias yang sudah dimulai peletakan batu pertama oleh Bapak Presiden RI beberapa waktu lalu, dan PLN juga sudah berencana akan membangun gardu induk pulau terluar, yaitu Lasondre, Tanah Masa dan Tanah Bala”, Ungkap Jadima Purba pada pemaparan diskusi ilmiah tersebut.

Adapun beberapa kendala yang dihadapi oleh PLN dalam pembangunan unit transmisi atau gardu induk adalah masyarakat tidak mau dibebaskan tanahnya, masyarakat tidak mau lahannya dilewati jalur transmisi, perbedaan harga kompensasi terhadap tanam tumbuh (ROW) dan jalur transmisi melewati lahan kehutanan. PLN Wilayah Sumbagut sudah berencana di tahun 2016 ini akan terbangun Pembangunan Listrik Desa Sumatera Utara sebanyak 63 Desa dengan total anggaran Rp. 82 Miliyar yang tersebar di daerah Binjai, Pematang Siantar, Rantau Prapat, Padang Sidempuan, Sibolga dan Pulau Nias.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *